Brandesign Indonesia

Brand and design merupakan 2 komponen penting yang harus diperhatikan dalam melakukan rebranding.

Cara Melakukan Rebranding di Sosial Media

Cara Melakukan Rebranding di Sosial Media

Cara Melakukan Rebranding di Sosial Media

Rebranding berasal dari kata re- dan branding. Re berarti kembali, sedangkan branding adalah proses penciptaan brand image yang menghubungkan hati dan benak pelanggannya. Jadi rebranding adalah suatu upaya atau usaha yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk merubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik, dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit. Rebranding sebagai sebuah perubahan merek, seringkali identik dengan perubahan logo ataupun lambang sebuah merek. Dengan kata lain, ketika melakukan rebranding maka yang berubah ialah nilai-nilai dalam merek itu sendiri. Apalagi dalam melakukan rebranding bisa di lakukan dalam media internet, seperti sosial media. Hal ini tentu bisa menjadi kesempatan yang menarik dalam melakukan rebranding. Oleh karena itu, berikut cara melakukan rebranding melalui media sosial.

  • Mencari Informasi Rebranding

Memberikan teaser terkait rencana Anda dapat dikatakan sebagai cara yang tepat untuk menarik perhatian audiens terhadap rebranding brand Anda. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mempublikasikan teaser yang Anda rencanakan. Langkah ini merupakan cara rebranding yang membuat pelanggan Anda merasa bahwa Anda membutuhkan pendapat mereka, serta Anda memperoleh masukan yang bisa dijadikan pertimbangan. Selain itu, peluncuran teaser bertujuan untuk mengantisipasi perubahan sikap audiens Anda.

  • Mengubah Profil Media Sosial

Dalam rebranding, memperbarui profil media sosial harus Anda lakukan sesuai dengan identitas baru yang akan diterapkan pada produk Anda. Selain itu, unsur seperti warna logo yang akan menjadi identitas baru harus terlihat oleh audiens. Sehingga, rebranding yang Anda lakukan akan terasa lebih menyeluruh untuk diperhatikan audiens.

  • Menyesuaikan Tautan Media Sosial

Seiring proses rebranding, mungkin saja pelanggan Anda masih mengenali produk Anda dengan identitas lama. Maka dari itu, Anda harus menyesuaikan dan mengubah semua tautan lama ke tautan yang memuat informasi tentang identitas baru produk Anda. Dengan demikian hasil rebranding yang Anda dapatkan akan semakin efektif.

  • Informasikan Rebranding Terhadap Produk

Memberikan informasi rebranding kepada pelanggan adalah bagian penting yang wajib Anda lakukan. Berikan eksplanasi kepada mereka tentang alasan Anda mengubah atau memperbarui identitas. Selain itu, berikan alasan bahwa rebranding yang Anda lakukan tidak akan menurunkan kualitas produk dan layanan yang Anda berikan kepada mereka. Dengan demikian, cara ini akan membuat pelanggan Anda merasa bahwa hubungan yang mereka jalin dengan Anda sangat penting.

  • Melakukan Iklan Terhadap Rebranding

Media sosial seperti Twitter dan Facebook merupakan saluran yang tepat untuk mengiklankan identitas baru Anda kepada audiens secara luas. Sehingga, pelanggan Anda akan terbiasa dengan identitas baru tersebut. Selain itu, beriklan untuk rebranding produk Anda memungkinkan menarik pelanggan baru. Untuk mencapai hasil yang efektif Anda bisa juga berkonsultasi kepada penyedia jasa khusus rebranding.