Brandesign Indonesia

Brand and design merupakan 2 komponen penting yang harus diperhatikan dalam melakukan rebranding.

5 Langkah Membangun Brand Anda

5 Langkah Membangun Brand Anda

5 Langkah Membangun Brand Anda

Promosi adalah teknik mengenalkan produk atau jasa atau brand perusahaan ke depan publik. Hal ini berkaitan dengan teknik branding, dimana branding sebagai suatu upaya digital yang dilakukan mengenalkan produk atau jasa atau brand ke depan umum. Banyak sekali perusahaan yang melakukan branding, baik bidang manufaktur, real estate, maupun industrial. Layanan Branding Agency Jakarta merupakan salah satu agency yang bisa anda gunakan dalam melakukan branding. Berbagai jenis branding bisa dilakukan mulai dari Manufacturer branding, Product branding, Personal branding, Corporate branding, dan Cultural branding. Dalam melakukan branding, ada banyak sekali langkah yang harus kita terapkan. Berikut 5 langkah membangun brand dari awal hingga akhir.

  • Tentukan Target Audiens

Langkah pertama yang sangat signifikan untuk dilakukan adalah dengan melakukan riset terhadap target audiens dan kompetitor. Apabila kamu membangun sebuah brand, kepada siapa produk brand tersebut ditujukan? Susunlah berdasarkan target pasar dan data demografisnya. Bila kamu masi ragu tentang ini, kamu bisa menganalisa target kompetitormu. Cari tahu siapa saja kompetitor potensial yang menjual produk yang mirip dengan yang akan kamu jual. Dari situ kamu juga bisa mempelajari siapa audiens yang mereka targetkan.

  • Tentukan Fokus Brand Anda

Menentukan fokus brand merupakan sesuatu yang sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap semua elemen yang ada selama kamu membangun brand tersebut. Kepada siapa kamu akan memberikan value? Kebutuhan bidang apa yang akan dipenuhi oleh brand kamu? Seperti apa cara kamu mengantarkan value tersebut? Hal-hal tersebut akan menentukan brand voice di media sosial atau jaringan internet lain yang kamu punya nantinya, sekaligus menentukan seperti apa penampilannya dari segi digital creative, baik itu desain maupun tulisan.

  • Tentukan Nama Brand Anda

Pemilihan nama sebuah bisnis bisa jadi sangat kecil atau besar tergantung pada jenis bisnis yang kamu mulai. Sebuah brand lebih dari sekedar nama. Karakteristik, tindakan, dan reputasi dari sebuah brand yang akan membuatnya dikenal dan membuatnya memiliki arti di pasaran. Buatlah sebuah merk yang sulit ditiru oleh pihak lain, dan yang paling penting, buatlah nama brand yang unik dan mudah diingat. Pilih nama brand yang memiliki arti luas apabila kamu berencana untuk mengekspansi bisnis kamu dengan produk jenis lain.

  • Tentukan Slogan Brand Anda

Slogan yang catchy dan mampu mewakili visi dan misi brand kamu merupakan sesuatu yang penting namun tetap saja sulit untuk diciptakan. Slogan yang singkat dan deskriptif yang mampu mewakili brand kamu akan mudah untuk dikenali, dan kamu pun bisa menempatkannya sebagai headline di website bisnis, di kartu nama, bahkan di media sosial. Penting untuk diingat bahwa slogan bisa saja diubah seiring perkembangan brand dan setiap kali kamu menemukan strategi baru untuk kepentingan marketing, seperti Pepsi yang sudah mengganti slogannya tidak kurang dari 30 kali dalam beberapa dekade terakhir.

  • Kembangkan Bisnis Brand Anda

Membangun sebuah brand tidak berhenti saat kamu membuat logo dan slogan. Brand harus selalu ada dan tetap konsisten manakala pelanggan kamu berinteraksi dengannya. Kamu akan terus membentuk dan mengevolusi brand kamu setiap kali kamu mendapatkan pelanggan baru dan mempelajari siapa mereka serta bagaimana caranya berinteraksi dengan mereka untuk meningkatkan engagement. Perlu disadari bahwa kamu harus tetap mengapresiasi kenyataan bahwa kamu tidak akan pernah memiliki 100% kendali terkait bagaimana orang-orang mempersepsikan brand kamu. Oleh karena itu, jagalah reputasi kamu di pasaran terhadap brand yang dimiliki.